Tipe Kulit dan Tips Bersihin Muka

April 26, 2018

Hai gaes!


Berhubung kemaren di ig pas aku bikin polling ada yg minta materi aja yaudah deh aku coba ya.
Sebenernya aku juga bukan expert2 amat cuma disini aku mau sharing aja apa yang aku tau dan mungkin kalian udah tau atau ada yang belum tau. Mending kita sama-sama belajar aja ya. Mungkin sebenenya ini bukan materi sih tapi lebih ke tips aja yang mau aku kasih tau ke kalian. 

Jadi yg pertama banget nih mau aku kasih tau itu tentang basic2 dulu ya hehe. Mungkin postingannya akan bersambung kedepannya karena pasti males gak sih kalo baca panjang2?

Yaudah kita mulai aja ya...

Yang pertama mau aku bahas itu tentang masalah atau tipe kulit sama cara bersihin muka.

Jadi sebelum kita mulai makeup kita tuh harus tau banget tipe kulit kita kayak gimana. Supaya nanti pas milih2 produk bakal cocok dan gak salah.

Contohnya aku sendiri punya kulit yg berminyak, berjerawat dan sensitif. Kalo kalian gimana?
Apa kalian sama juga kaya aku atau kalian punya masalah kulit yang beda? Contohnya bisa aja kalian punya kulit yang berminyak sama kaya aku tp ga berjerawat atau yg kering atau kombinasi (campuran antara kulit berminyak yang biasanya ada di daerah T zone seperti dahi dan hidung tapi kering di bagian pipi dan dagu) atau yang paling enak yaitu kulit normal.


Nah, biasanya untuk orang yang punya kulit berminyak atau kombinasi, dia juga punya masalah tambahan. Kayak jerawat. Gak menutup kemungkinan kalo yang kulitnya normal ga jerawatan ya. Ada, tapi  biasanya jarang. Apalagi yang kulitnya kering.

Dan yang punya kulit sensitif bakal harus lebih hati2 dalam pemilihan kosmetik karena ini super cocok-cocokan, kl cuma ikutin tren tapi ternyata kulitnya gak cocok kan sayang banget tuh

Karena tiap kondisi kulit akan beda juga produk2 yang dipake. Mungkin bisa sama juga tapi kalo untuk base makeup bisa disesuaikan sama kondisi kulit dan hasil finish yang dikehendaki nantinya.

Aku punya tips sedikit buat ngerawat kulit sesuai dengan kondisinya nih hehe baca yaaa:

  1. Kulit kering: Banyak minum air! Terus pas cuci muka jangan terlalu sampe di usek2 bersih parah gitu soalnya nanti bisa bikin makin kering sama jangan terlalu sering ngelupasin sel kulit mati ya (scrub maksudnya) nanti kulitnya makin tipis. Pake kosmetik yang bikin lembab atau yg mengandung minyak.
  2. Kulit berminyak: banyak mengeluarkan sebum (minyak) supaya gak terlalu berminyak pas cuci muka harus sampe bersih parah sampe keset gitu (kalo gue). Scrub muka yg teratur 1 minggu 1-2x. Kalo pas lagi makeup-an minyaknya keluar selalu sedia kertas minyak abis itu bedakan lagi pake bedak tabur biar sebumnya keserep
  3. Kulit kombinasi: perawatannya harus campur antara kedua jenis kulit yang udah dijelasin di atas. Jangan salah satu aja ya. Biar maksimal ehehehe.
Cara bersihin muka nih sekarang yg mau aku bahas.

Jadi masih ada gak kalian yang kalo abis makeupan trs sebelum tidur cuma cuci muka doang? Trs merasa kulitnya udah bersih? Abis itu lgsg tidur? Atau pas kalian mau makeupan tiba-tiba tanpa bersih2 muka dulu langsung aja gitu pake makeup?

Jangan!! Itu masih belum bersih loh sebenernya. Setelah atau sebelum pake makeup sebaiknya muka dibersihin dulu dan sebaiknya sebelum cuci muka pake sabun dan air dibersihin dulu pake cleansing cream, cleansing lotion, atau cleansing oil, untuk bibir dan mata biasanya pake makeup remover (buat apus makeup) biasanya produk2 tersebut berbahan dasar minyak.

Nah biasanya bakal banyak bekas2 bedak, foundation, mascara, lipstick, atau kotoran kotoran debu gitu kan di kapasnya? Abis udah dirasa cukup bersih. Baru deh mukanya dicuci pake cleansing foam atau sabun cuci muka yang berbahan dasar air.

Setelah cuci muka biar mukanya makin seger bisa pake toner yang disesuaikan dengan jenis dan kebutuhan kulit kita deh

Setelah itu dijamin rasanya kayak punya kulit baru. Awal2 emg gue males banget kalo harus bersihin muka aja ribet tapi kesini-sini rasanya kalo ada yg ketinggalan tuh gaenak aja gitu kayak masih belum bersih. Jadi yang diatas itu udah jadi keseharian aku sekarang hehe. 

Nah semoga postingan aku bermanfaat ya buat kalian. Sampe jumpa di postingan selanjutnya 

You Might Also Like

0 comments

Comment

Instagram

Popular Posts

Like us on Facebook